Pesona Jabal Al Feel di Madinah Mirip Gajah

Jabal Al Feel, Selain memenuhi panggilan Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah, banyak juga jamaah yang memanfaatkan waktu luangnya hanya untuk sekedar berkunjung ke tempat wisata yang terdapat di Arab Saudi. Para jamaah harus bisa mengatur waktu sendiri untuk bisa mengambil waktu luang tersebut. Tapi biasanya travel yang kita pilih selain menyediakan paket haji atau umrah juga tersedia tour wisatanya. Ada beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi saat berada di Arab Saudi. kalian pun bisa menikmatinya usai beribadah. Selain itu, dapat menapak tilas sejarah kebudayaan Islam, hingga belanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau hanya untuk menikmati suasana alam atau melihat benda-benda bersejarah.

Pesona Jabal Al Feel di Madinah Mirip Gajah

Mungkin masih banyak orang-orang yang belum mengenal Jabal Al Feel atau Gunung Gajah. Yang merupakan batu raksasa yang berbentuk serupa dengan gajah adalah satu tempat objek wisata yang ada di Madinah, Arab Saudi.

Tempat ini masih terbilang jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Sehingga, lokasi disana pun masih sepi. Padahal, pemandangan yang ada di sekitar lokasi Jabal Al Feel sangat indah untuk dinikmati. Dengan adanya hamparan bukit-bukit kecil yang diselimuti pasir sangat menakjubkan. Itulah lukisan alam yang terdapat di Madinah.

Jabal Al Feel berada di lokasi yang terpencil, di mana lokasi tersebut terletak di kota Al Ula, sebelah Utara Kota Madinah. Jaraknya juga cukup jauh dari pusat Kota Madinah sekitar 380 kilometer. Bila ditempuh dengan menggunakan mobil membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Sedangkan, jalan untuk menuju ke Jabal Al Feel sangat mulus. Lokasinya persis sekali berdekatan dengan Madain Saleh.

Biasanya itu, para wisatawan memanfaatkan waktu sisa dengan berkunjung ke Jabal Al Feel usai mendatangi Madain Saleh. Karena jarak antara Jabal Al Feel dengan Madain Saleh sekitar 10 kilometer. Papan info menuju Jabal Al Feel juga terpampang di pinggir jalan.

Jabal yang berarti gunung, sedangkan Al Feel atau Al Fil dalam bahasa Arab artinya gajah. Benarkah batu purba itu mirip sekali dengan gajah? Saat melihat foto  diatas, tiap orang mungkin akan memiliki sudut pandang tersendiri. Ada yang mengatakan batu tersebut mirip seperti gajah da nada juga yang bilang tidak.

Sebenarnya, jabal Al Feel ini benar-benar mirip sekali dengan gajah, ada belalainya hingga menyentuh ke tanah. Bahkan jika dilihat dengan jarak kejauhan, terlihat ada goresan tampak mirip mata gajah yang terbuat dari batuan alami. Sebuah batu yang memang sudah ada pada ribuan tahun lalu.

Nah, kalau untuk mengenai soal ukuran, hampir dapat dipastikan semuanya satu suara. Jabal Al Feel benar-benar raksasa. Namanya saja sudah dikatakan gunung, jadi jelas saja besar. Pesona yang dimiliki Jabal Al-Feel membuat orang lintas Negara ikut berkunjung. Tapi, bukan berarti kawasan tersebut menjadi ramai. Jadi banyak warung misalnya. Padahal tidak, lokasi tetap saja sepi karena jauh dari pemukiman.

Mereka yang berkunjung ke Madain Saleh dalam satu rombongan menyempatkan diri untuk menengok Jabal Al Feel. Untuk melakukan foto-foto, kawasan disana memang sangat menarik. Bukan hanya si Gajah saja, tapi juga hamparan pasir yang berwarna keemasan dan keindahan batu-batu purba yang dilukis alam.

Sementara waktu yang tepat untuk menghasilkan foto yang bagus di Jabal Al Feel tentunya pada pagi hari karena sinar matahari belum terlalu terik. Sekitar pukul 07.00 – 08.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Sorotan sinar saat pagi hari memperindah Jabal Al Feel.

Komentar