Kasbah Udayas Benteng Pertahanan Kerajaan Muslim

Kasbah Udayas - Timur tengah yang sebelumnya pernah menjadi pusat peradaban dunia seperti peradaban mesir kuno yang tentu telah menjadi salah satu daya tarik tertentu bagi para wisatawan dunia. Termasuk diantaranya itu adalah wisatawan dari Indonesia. Banyak sekali terdapat objek-objek wisata yang terkenal di dunia yang berada di timur tengah. Tidak hanya ada objek wisata yang menawarkan situs-situs bersejarah saja, khusus di Timur tengah saja sudah banyak sekali wisata yang memiliki keindahannya masing-masing. Mulai dari keindahan gurun pasir, pegunungan, pantai/laut, kolam renang, aneka tumbuh-tumbuhan dan masih banyak lainnya. Meskipun di negara sendiri tak kalah indahnya dengan objek wisata di luar negeri. Namun, terkadang ada rasa ingin tahu dan ingin merasakan tour wisata ke luar negeri. Apalagi kini sudah banyak travel haji dan umrah yang memberikan beragam paket haji dan umrah plus wisata.

Kasbah Udayas Benteng Pertahanan Kerajaan Muslim

Kali ini kita akan coba mampir ke Rabat khususnya di Kasbah Udayas. Rabat merupakan ibukota Maroko yang telah diresmikan pertama kali oleh Prancis. Ternyata ada alasan yang tertentu mengapa Rabat ini dijadikan sebagai ibukota Maroko. Salah satunya itu karena Rabat-lah yang paling dekat dengan perbatasan Uni Eropa dan benua Afrika tepatnya itu di pesisir barat samudera Atlantik, sehingga lokasi yang sangat strategis ini akan mampu dalam menunjang perekonomian Maroko. Tidak hanya itu saja, saat berkunjung ke Rabat akan banyak pengetahuan tentang sejarah keislaman di Maroko.

Mungkin bagi teman-teman yang menyukai sejarah atau perekonomian negera akan sangat seru sekali kalau kita membahasnya, Kasbah Udayas. Perlu kalian ketahui bahwa cuaca di Rabat cukup bersahabat sekali, hangat dan tenang, langitnya juga biru, itulah yang menjadi Rabat terlihat lebih indah dan menarik untuk dikunjungi. 

Tempat bersejarah di Maroko salah satunya adalah Kasbah Udayas. Kasbah Udayas ini merupakan sebuah Kasbah atau benteng yang terletak di Rabat, Maroko. Tepatnya di mulut sungai Bou Regreg di seberang kota Sale. Menurut dari sejarah menceritakan bahwa Kasbah Udayas itu sendiri dibangun pada masa Muwahhidun di tahun 1121-1269 Hijriyah. Pada saat Muwahhidun merebut Rabat dan menghancurkan Kasbah Murabitun yang terdapat di kota tersebut.

Kasbah Udayas mulai dibangun kembali pada tahun 1150 Hijriyah. Mereka menambahkan sebuah istana dan masjid dan menamainya dengan nama Al-Mahdiyya, dari nenek moyang mereka sendiri al-Mahdi Ibn Tumart. Setelah kematian Yaqub Al Mansur di tahun 1199 Hijriyah.

Tempat ini adalah benteng pertananan yang dimiliki oleh kerajaan Muslim dan direbut oleh antar kerajaan muslim pula. Jadi, cerita dulunya itu seperti itu. Sesama kerajaaan muslim bisa saling memperebutkan kekuasaan, namun tidak sampai perang saudara apalagi tumpah darah diantaranya. Tapi untung saja Maroko itu tidak begitu sering di ekspos di berbagai media, sehingga banyak juga yang belum mengetahui. Dengan demikian, sekarang ini Maroko termasuk negara yang tidak neko-neko. Namun banyak sejarah maupun peradaban terdahulu.

Alasan kenapa Kasbah ini dampai diperebutkan oleh meraka para kerjaaan Islam. Karena tempat ini dahulunya sangatlah strategis sekali untuk melakukan pemantauan kapal-kapal dagang yang datang dari luar, lebih dari itu juga tempat tersebut difungsikan sebagai distrik ekonomi di pesisir kota Maroko. Dan tempat ini sangat indah, menarik dan baik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata bagi teman-teman karena memiliki nilai-nilai Historisitas dan kebudayaan antar peradaban kerajaan. Cocok juga untuk kalian yang sedang melaksanakan ibadah umrah, usai ibadah bisa langsung jalan-jalan.

Komentar