Little Hagia Shopia Mirip Sekali Hagia Sophia

Little Hagia Sophia – Siapa saja pasti mengenal betul keindahan yang tercipta di Turki. Turki adalah negara yang unik dan menarik, perpaduan antara peradaban Eropa dan Asia. Selain memiliki keindahan alam yang membuat takjub mata memandang, Turki juga memiliki banyak bangunan bersejarah atas peninggalan masa lalu yang masih terawat dengan baik. Turki adalah salah satu dari banyak negara yang dapat memukau para traveler yang datang berkunjunh kesana. Tempat wisata yang ada di Turki tidak hanya indah. Tapi kebanyakan tempat wisata disana juga banyak menyimpan cerita yang mungkin saja dapat menambah pengetahuan kalian.turki itu sendiri merupakan salah satu dari kekuatan ekonomi G20 di dunia yakni 20 negara dengan ekonomi yang terbesar di dunia. turki terkenal dengan bangsanya yang ramah, juga sangat dermawan terhadap kemanusiaan.  

Little Hagia Shopia Mirip Sekali Hagia Sophia

Tidak heran, kalau banyak para wisatawan dari berbagai negara rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk dapat menikmati obyek wisata yang ada di Turki. Disana banyak mencari obyek wisata yang dapat Anda dikunjungi. Turki ini tak lepas dari indahnya negara ini mulai dari pemandangan kota dengan arsitektur khasnya hingga pemandangan alam yang indah yang berada di negara  ini. Untuk Anda yang sedang mencari tempat asyik dan unik Turki, berikut adalah tempat wisata di Turki yang dapat dikunjungi, yakni Little Hagia Sophia.

Kalau biasanya Anda hanya mengenal dan mengetahui Hagia Shopia dengan ukuran yang sangat besar, kini ada juga Little Hagia Sophia. Sebuah bekas gereja Ortodoks Timur yang didedikasikan kepada Santo Sergius dan Bacchus di Konstantinopel, yang sudah dialihkan menjadi sebuah masjid pada zaman Kekaisaran Utsmaniyah. Bangunan Bizantium tersebut dengan kubah tengahnya itu didirikan pada abad keenam oleh Justinian, dengan model seperti Hagia Sophia (Kebijaksanaan Suci) dan juga merupakan salah satu bangunan Bizantium yang paling berpengaruh di Istanbul.

Salah satu hal yang paling menyenangkan itu adalah pergi ke Little Hagia Sophia bersama si buah hati. Apalagi kesempatan itu berbarengan dengan pelaksanaan ibadah haji atau umrah. Usai ibadah di Tanah suci bisa langsung menikmati wisata yang ada di Turki. Selama ini mungkin jarang sekali mengunjungi masjid ketika liburan ke luar negeri. Karena jalan-jalan kali ini adalah pergi ke Turki yang merupakan negara dengan mayoritas penduduknya Muslim, kesempatan mengagumi keindahan masjid jangan di sia-siakan.

Kalau sebelumnya pernah menulis dan menceritakan Hagia Shopia, kini mari kita lanjutkan kembali cerita mengenai masjid yang bentuknya itu mirip sekali dengan Hagia Sophia yang sungguhan. Jika di lihat dari luar memang tampak mirip sekali dengan Hagia Sophia, namun berbeda dari ukurannya saja. orang Turki menyebut masjid  ini dengan nama Kucuk Ayasofya Camii. Camii kalau menurut dari Bahasa Turkinya itu artinya masjid.

Pertama kali Masjid Little Hagia Sophia ini dibangun pada tahun 530 yang sebelumnya sebagai sebuah gereja. Karena saat itu pembangunan pada periode yang sama, bangunan Little Hagia Sophia benar-benar menyerupai Hagia Sophia. Peruntukkan gereja yang dirubah menjadi masjid oleh Beyezid II setelah Ottoman Conquest Istanbul.

Para pengunjung berdatangan melihat ke dalam masjid. Namun, jika sudah masuknya waktu shalat, masjid ini tertutup untuk para wisatawan. Saat sudah memasuki Little Hagia Sophia Mosque ini, pastikan teman-teman perempuan mengenakkan tutup kepala, celana dan baju panjang. Berbeda dengan Hagia Sophia yang terletak di jantung Istanbul, Little Hagia Sophia berlokasi di daerah yang sangat tenang dan damai.

Sekeliling Little Hagia Sophia merupakan rumah penduduk, café dan restoran. Bahkan ada juga sebuah Chinese Restaurant tepatnya di seberang Little Hagia Sophia. Banyak turis yang parkir disana mengantarka tamu dari China yang makan di sana.

Mungkin bagi Anda yang berkunjung ke Little Hagia Shopia ingin melanjutkan perjalanan Anda ke Blue Mosque, mudah saja. dari Blue Mosque, berjalanlah terus melewati Arasta Bazaar, kemudian sesamai di ujung Arasta Bazaar belok ke kanan. Terus ikuti jalan Kucuk Ayasofya Cd seperti yang dapat Anda lihat langsung di peta. 10 menit berjalan santai, Teman-teman akan tiba di Little Hagia Shopia. Dari kejauhanakan terlihat Little Hagia Sophia Mosque berdiri megah di ujung jalan.

Masjid ini sayang sekali jika harus dilewatkan begitu saja jika teman-teman berkunjung ke Istanbul. karena masjid kecil ini membawa ketenangan dan kedamaian tersendiri. Semoga hal itu juga dapat ditemukan dalam masjid lainnya di seluruh penjuru Turki.

Komentar