Masjid Dimaukom Simbol Cinta dan Harmoni

Masjid Dimaukom – Pada umumnya masjid memiliki warna natural dengan warna dasar putih, biru, hijau atau krem. Lain halnya dengan masjid satu ini. Di Filipina terdapat masjid yang unik dengan warnanya yang melambangkan cinta dan kasih sayang yakni warna merah muda atau pink. Masjid dengan warna yang nyentrik ini hingga saat ini masih menjadi pusat perhatian masayarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung. Siapa sangka bahwa di negara yang mayoritas penduduknya itu memeluk agama Kristen ini, berdiri sebuah masjid mewah yang berwarna merah muda. Bangunan masjid ini bernama Masjid Dimaukom.

Masjid Dimaukom Simbol Cinta dan Harmoni

Pendiri Masjid Dimaukom ini bernama Samsodin Dimaukom yang kala itu menjabat sebagai walikota. Masjid yang berlokasi di Kota Datu Saudi Ampatuan, provinsi Maguindanao, Filipina Selatan. Dan dibangun atas perintah dari Walikota tersebut pada tahun 2011 lalu. Dimana pembangunan masjid ini memakan waktu sekitar selama dua tahun pada tahun 2013 yang lalu. meskipun telah dibuka sejak bulan Ramadhan 2013, masjid ini baru populer. Karena dari kalangan para wisatawan mancanegara yang mampir dan terus memperkenalkan masjid tersebut dalam akun dunia maya mereka.

Setiap harinya banyak sekali para pengunjung Masjid Dimaukom ini. Mulai dari orang Islam di berbagai negara yang ada termasuk Indonesia yang turut mengagumi keindahan dan keunikan pada masjid tersebut. Adapun keunikan lainnya yang dimiliki oleh masjid ini adalah pembangunan dibangun oleh para pekerja beragama Kristen.

Masjid unik dan nyentrik ini mendapatkan julukan “Masjid Pink” karena pada awal pembangunannya itu, umat Kristen ingin membantu dalam pembangunan masjid ini dengan sukarela atau tidak menerima upah sama sekali. oleh sebab itu, masjid ini diberikan warna pink yang dominan, serta harmoni antar umat beragama yang sangat kuat sekali. Pada akhirnya, masjid ini dibangun dengan warna pink sebagai lambang atau simbol persatuan dan persaudaraan antar umat beragama di kota tersebut.

Sedangkan, warna pink itu kalau menurut dari walikota Samsodin Dimaukom, dapat diartikan menjadi lambang kedamaian dan cinta, yaitu cinta kepada Allah SWT, sesama manusia dan cinta kepada negara. Memang jarang sekali terjadi toleransi antar umat Muslim dan Non Muslim di dunia ini. Namun, lain halnya dengan jika sedang berada di kawasan masjid pink ini. Anda akan merasakan sebuah kehangatan dan ramah tamah yang terjadi pada umat Muslim disana dengan orang Kristen. Kesinambungan hubungan yang harmonis tersebut benar-benar tercipta pada dunia yang nyata tanpa rekayasa.

Kalau dilihat dari segi arsitekturnya, keseluruhan warna yang dimiliki oleh Masjid Dimaukom ini dominan berwarna pink yang mencolok. Seluruh ornament dan dinding masjid diberi warna pink juga. Selain masjid yang di cat dengan warna pink tersebut, ternyata dekat masjid ada pasar dan kantor polisi yang juga ikur diwarnai pink, hanya untuk menghormati keharmonisan masyarakat di sekitar masjid.

Warna lain pun terlihat jelas di dalam interior masjid yakni tiang penyangga atas yang berwarna keemasan. Pada saat melangkahkan kaki ke dalam masjid Dimaukom, nuansa warna merah muda melekat sekali pada seluruh interior dalamnya, yang berbeda hanyalah ketajaman warna di dalm ruang utama yang lebih redup daripada eksterior yang sangat mencolok.

Seperti masjid pada umumnya yang biasa ditemukan, masjid ini memiliki satu kubah yang berukuran besar dan beberapa kubah kecil yang mengelilinginya serta dua penjuru menara yang seluruhnya itu berwarna pink. Untuk dapat menikmati keunikan yang dimiliki masjid ini, pengunjung dapat naik Husky Bus atau jeep dari Cotabato dengan jarak tempuh yang diperlukan sekitar tiga jam lamanya.

Jika kita melihat masjid ini secara sekilas, emang akan tampak seperti bangunan rumah Barbie yang ada di negeri dongeng, apalagi dengan desainnya yang diadopsi oleh masjid tersebut dangat unik sekali.

Komentar