Burj Khalifa Gedung Tertinggi di Dunia

Burj Khalifa, Bagi wisatawan nama kota Dubai tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Dubai adalah nama dari sebuah kota yang ada di Uni Emirat Arab, yang terkenal dengan keindahan tata kotanya yang menakjubkan. Uni Emirat Arab adalah Negara persekutuan yang memiliki tujuh wilayah yang terdiri dari Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain yang dipimpin langsung oleh seorang presiden. Para pemimpin pada wilayah atau emirates ini biasa disebut dengan sheikh. Kota ini memang dengan sengaja dibangun dengan tujuan menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang menarik perhatian. Bagi keluarga, sahabat atau bahkan rombongan haji dan umrah yang ingin berwisata ke Dubai dapat mengunjungi ke Burj Khalifa ini.

Burj Khalifa Gedung Tertinggi di Dunia

Burj Khalifa yang memiliki arti “Menara Khalifa” merupakan gedung tertinggi yang ada di dunia, dengan ketinggian 828 meter atau kurang lebih 2.651 kaki. Dengan tinggi tersebut dapat disamakan dengan tujuh kali tinggi monas. Gedung tertinggi di dunia ini dibangun dengan memakan waktu selama enam tahun yang sudah dimulai sejak September 2004 dan diresmikan pada Januari 2010. Selama dalam proses pembangunannya itu sendiri menjadi pusat perhatian dunia karena rekor-rekor tinggi yang dibuatnya.

Pencetus atas ide pembangunan gedung tertinggi Burj Khalifa ini adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, pada awalnya itu seorang penguasa Dubai ini memberi nama untuk calon gedung tertinggi di dunia ini dengan nama Burj Dubai. Namun suatu ketika dunia mengalami kesulitan financial dengan hutang yang menumpuk. Sehingga mengalami kesulitan untuk melanjutkan pembangunan Burj Dubai. 

Pada akhirnya presiden UEA Khalifa bin Zayed Al Nahayan turut membantu dalam pendanaan pembangunan gedung tersebut dan diresmikan sebagai gedung tertinggi di dunia pada Januari 2010. Yang lebih uniknya lagi demi menghormati presiden UEA Khalifa bin Zayed Al Nahayan yang telah membantu dalam penyelesaian gedung ini, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum mengganti nama Burj Dubai menjadi Burj Khalifa hingga saat ini.

Dalam pembangunan Burj Khalifa ini menghabiskan biaya sebesar US$ 1,5 milyar (sekitar Rp 15 triliyun). Dengan jumlah lantai disana sebanyak 160 lantai. Sehingga, dinobatkan sebagai gedung yang memiliki jumlah lantai terbanyak di dunia. dengan melibatkan sebanyak 380 insinyur teknis yang sangat terampil. 

Di dalam Burj Khalifa ini juga terdapat seribu apartemen, hotel dengan seratusan kamar yang dirancang sendiri oleh Giorgio Armani, lebih dari seratus restoran, lebih dari seribu toko, berlantai-lantai fitness center dan 3.000 tempat parkir. Selain itu juga, disana terdapat lobi yang menawarkan berbagai macam fasilitas. Seperti ada spa, kolam renang, ruang pertemuan dan masih banyak lainnya.

Pada bagian atas menara Burj Khalifa terdapat ruang klub pribadi yang dibangun dari instalasi alumunium dan kaca pada ketinggian 512 meter. Dimana berat alumunium ini setara dengan lima pesawat A380 dan total panjang baja stainless benteng 293 kali tinggi Menara Eiffel. Bahkan, Burj Khalifa setara dengan 360.000 bohlam yang masing-masing bohlamnya itu berdaya 100 watt.

Komentar