Wisata Sejarah Islam Di Istana Topkapi

Istana Topkapi, Seperti yang telah diketahui bahwa negara Turki memiliki banyak tempat untuk berwisata yang menyimpan banyak sejarah kejayaan Islam saat itu. Sebut saja “Hagia Sophia” yang sangat melegenda itu atau Blue Mosque yang keindahannya juga telah diakui oleh dunia. Namun, selain dua tempat yang cukup terkenal itu, ada satu lagi tempat wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Istana Topkapi. Istana Topkapi ialah peninggalan sejarah yang sangat berharga sekali. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil saat mengunjungi tempat ini, salah satunya itu adalah dapat mengingat kembali bahwa Islam saat itu sangatlah Berjaya.

Wisata Sejarah Islam Di Istana Topkapi

Jadi, untuk kalian yang memiliki hobi traveling, sempatkan diri Anda untuk dapat mengunjungi tempat wisata ini. Istana Topkapi sangat menarik untuk dikunjungi. Ajak keluarga, saudara, teman atau rombongan haji maupun umrah usai tunaikan ibadah dilanjutkan jalan-jalan ke Turki bersama-sama.

Kalian perlu tahu bahwa Istana Topkapi ini dikenal dengan sebutan Topkapi Sarayi atau Topkapi Palace yang terletak di Kota Istanbul, Turki. Dimana keberadaannya itu tidak jauh dari Hagia Shopia dan Blue Mosque yang merupakan kesatuan dari Old City Istanbul. Komplek bangunan Istana Topkapi ini dikelilingi oleh benteng sepanjang 5 Kilometer dengan total luas yang sangat luar biasa yakni 70 Hektar. Karena luasnya yang sangat luar biasa itu, Istana Topkapi menjadi istana terluas kedua yang ada di dunia setelah Istana Versailles di Prancis. Letak Istana Topkapi berada di atas bukit, sehingga dari sini para wisatawan pun dapat melihat indahnya pemandangan Selat Bosphorus dan Laut Marmara.

Istana Topkapi memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik. Sejarahnya itu berawal pada saat Sultan Mahmed II (Muhammad Al Fatih) telah berhasil menakhlukkan Konstantinopel (sekarang Istanbul) pada tahun 1453.

Kemudian Sultan Mahmed II memberikan perintah agar membangun sebuah istana yang dapat digunakan sebagai kediaman resmi keluarga kesultanan sekaligus sebagai pusat pemerintahan. Sebab itu pada tahun 1459 mulailah pembangunan Istana Topkapi. Pada masa Dinasti Utsmaniyah (Turki Ottoman) Istana Topkapi ini sangatlah Berjaya hanya dalam kurun waktu hampir 4 abad (1465-1856). Telah tercatat ada sebanyak 24 Sultan yang pernah tinggal di istana tersebut.

Istana Topkapi ini telah menjadi saksi sejarah kejayaan dan kebesaran Islam pada masa Kekhalifaan Utsmaniyah. Istana ini merupakan bangunan tua yang sangat kuat dan jayannya Kekhalifaan Islam dibawah Dinasti Utsmaniyah yang wilayah kekuasaannya itu meliputi Eropa Tenggara, Asia Barat dan Afrika Utara. 

Hingga saat masuknya masa pemerintahan Sultan Abdul Majid I memberikan putusan sendiri untuk meninggalkan Istana Topkapi kemudian berpindah ke Istana baru yang memiliki arsitektur Eropa, Istana itu bernama Dolmabahce Palace. Istana sebelumnya menjadi terbengkalai daan pernah beberapa kali di renovasi. Saat Kekhalifaan Utsmaniyah jatuh, kemudian pada tahun 1924 Istana Topkapi ini ditetapkan sebagai museum oleh pemerintah Republik Turki.

Gerbang Istana Topkapi Istanbul Turki memiliki tiga buah gerbang yaitu Bab-i Humayun, Bab As Salam dan Bab-I Sadeet. Saat masuk ke dalam gerbang Bab-I Humayun (Imperial Gate) ini, pertama akan bertemu dengan halaman terdepan istana. Di halaman tersebut ada taman yang luas dengan pohon yang rindang dan bunga-bunga. Halaman ini dulunya digunakan untuk tempat diselenggarakan berbagai acara kerajaan. Di taman ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk dijadikan objek berfoto dengan latar indahnya Laut Marmara dan Hagia Sophia.

Gerbang yang kedua yakni Bab As Salam merupakan gerbang besar untuk pintu masuk ke dalam istana. Salutation Gate adalah dengan 2 menara besar disisi kanan dan kirinya. Desain gerbang ini di pengaruhi den tembok gan arsitektur bergaya Byzantin, jika dilihat bentuknya itu mirip sekali dengan gerbang istana magis kingdomnya walt Disney. Di bagian istana ini kita akan menemukan dapur istana, istana harem (harem section) dan gudang penyimpanan senjata.

Sedangkan pada gerbang Bab-I Sadeet (Akagalar Gate) ini merupakan pintu masuk ke bagian utama istana. Yang merupakan letaknya beberapa bangunan-bangunan yang sangat penting seperti tempat untuk penyimpanan harta kerajaan.

Dapur Istana Topkapi dengan jumlah 20 cerobong asap di atasnya. Dapur ini digunakan untuk memasak makanan bagi seluruh penghuni istana yang jumlah itu sangat banyak sekali, konon jumlahnya hingga mencapai 4000 orang. Dapat dibayangkan sendiri bagaimana hebohnya dapur ini dan betapa luasnya istana.

Hareem Section (Istana Harem Topkapi) merupakan bangunan khusus untuk ibu dan istri-istri sultan. Bangunan ini juga terdiri banyak kamar. Terhitung kamar yang ada itu berjumlah 300 kamar di dalam istana harem ini, mirip sekali dengan apartemen. 

Di Istana inilah kamu dapat melihat sebuah ruangan dengan ornament keramik yang sangat indah. Disini juga tempat untuk berkumpulnya para selir sultan. Mereka adalah perempuan pilihan dari berbagai bangsa, perempuan-perempuan cantik ini akan diberikan pendidikan selama berada di harem. Perempuan yang terbaik diantara yang ada akan dipilih menjadi istri sultan. Di Istana Harem juga terdapat ruangan besar dengan ornament keramik di dinding yang berwarna warni. Dimana ruangan ini bernama Hareem Imperial Hall.

Selain itu ada tempat yang paling ramai dengan antrian yang panjang. Dalam ruangan ini banyak sekali tersimpan benda-benda peniggalan bersejarah yang sangat berharga bagi umat Islam. Disini juga kita dapat melihat secara langsung barang-barang peninggalan para Nabi. 

Jika kamu melihatnya pasti akan terharu ketika dapat melihat sendiri tongkat asli milik Nabi Musa As yang Beliau gunakan saat membelah laut merah, sorban Nabi Yusuf, tempat minum Nabi Ibrahim, Pedang Nabi Daud, pedang para sahabat Rasullah SAW, kunci Ka’bah, pembungkus Hajar Aswad, pakaian Fatimah Az Zahra dan benda-benda bersejarah lainnya.

Adapun lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh salah seorang Qori semakin menambah syahdu dan religius suasana di dalam ruangan ini. dan puncak dari semua ketakjuban dan keharuan yang dilihat adalah ketika dapat melihat langsung benda-benda peninggalan (relikui) Baginda Rasulullah SAW. Barang-barang tersebut yang dapat kita lihat yaitu jubbah (mantel) dan sabuk, janggut beliau, tongkat, sajadah, busur panah, surat dan stampel.

Yang sangat mengagumkan sekali ketika melihat cetakan kaki kanan Beliau yang terbentuk pada saat peristiwa Mi’raj. Sedangkan cetakan kaki belaiau yang sebelah kiri sekarang ini disimpan di Masjidil Aqsa.

Dapat melihat seluruh benda peniggalan Beliau ini mengahadirkan perasaan yang seolah-olah sedang berada di sisi Beliau, terasa dekat. Masya Allah. Ditempat ini dilarang untuk mengambil foto, hal itu bertujuan untuk menjaga keontetikan barang-barang berharga ini.

Tips bagi Anda yang ingin berkunjung ke Istana Topkapi dalam waktu yang panjang harus datang lebih awal, karena objek disana sangat banyak sekali jadi tidak cukup di jelajahi dengan waktu yang hanya sebentar. Bahkan untuk seharian pun tidak akan cukup untuk melampauinya. Istana Topkapi memiliki wilayah yang sangat luas, pakailah sepatu yang membuat Anda nyaman karena akan berjalan kaki yang cukup jauh. Bawalah bekal air minum selama mengunjungi Istana ini.

Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat memasuki dan menikmati isi di dalam Istana Topkapi ini. harga tiket masuk ke dalam Istana adalah sebesar 30 TL dan untuk measuk ke Istana Harem-nya juga harus membeli tiket lagi dengan seharga 15 TL. Dengan biaya sebesar itu Anda akan menikmati segala keindahan yang ada di dalam Istana dan lebih banyak lagi mempelajari serta mendalami sejarah Islam pada masa itu. 

Komentar