Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi

Masjid Shekh Zayed - Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata Abu Dhabi? Yang pastinya adalah hamparan gurun pasir dan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi menembus langit, sebab memang Abu Dhabi itu ialah kota yang dikelilingi oleh hamparan gurun pasir dan termasuk dalam jaringan Uni Emirat Arab. Ibu kota dan kota terbesar ini masuk dalam urutan kedua di Uni Emirat Arab, menurut dari jumlah penduduknya, serta yang terluas dari tujuh emirat yang membentuk Uni Emirat Arab. Selain Abu Dhabi di UNI Emirat Arab juga ada Dubai. Jarak di antara keduanya itu tidak terlalu jauh, hanya sekitar 2 jam perjalanan darat. Walaupun belum sepopuler Dubai sebagai destinasi wisata disana, Abu Dhabi juga mempunyai objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan yang lainnya. Di Abu Dhabi  banyak sekali terdapat destinasi wisata yang sangat menakjubkan, lalu, apa saja sih destinasi wisata yang ada di Abu Dhabi.

Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi

Dalam memasuki waktu liburan sekolah bagi anak-anak, orang tua berkesempatan untuk mengajak dan mengajari anak-anaknya untuk menunaikan ibadah umrah, agar sejak dini telah mengenal ajaran-ajaran Islam. Mungkin dalam kesempatan itu juga bisa sambil memilih paket umrah dan tour wisata ke Abu Dhabi. Di Abu Dhabi ada banyak tempat yang harus didatangi pada saat berkunjung kesana, ibu kota Uni Emirat Arab. Tentu saja, Salah satunya dengan berkunjung ke Masjid Agung Sheikh Zayed.

Masjid Sheikh Zayed merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di Uni Emirat Arab dan juga masuk dalam masjid terbesar di dunia. awal pembangunannya itu diperkasai oleh Syeikh Zayed Al Nahyan, yang merupakan mantan presiden Uni Emirat Arab. Setelah beliau telah wafat, pembangunannya pun dilanjutkan oleh putranya yang bernama Syeikh Khalifah bin Zayed Al Nahyan.

Pada Masjid Sheikh Zayed ini dapat dikatakan sangat unik dan megah, sebab di tempat ini Anda akan menemukan masjid dengan memiliki 82 ubah khas Maroko, sudah lebih dari 1000 pilar, sempat bangunan menara di empat penjuru masjid dan memiliki kapasitas sebanyak 41.000 jamaah. Seluruh bangunan kubah dihias dengan batu pualam putih dan lengkap dengan petaran di tengahnya. Kubah utama masjid ini berdiameter 32.8 meter dan dengan tinggi 55 meter dari dalam atau sekitar 85 meter dari luar. Jadi secara keseluruhan arsitetural Masjid Agung Syeikh dapat disebut sebagai fusi dari arsitektural Mughalm Arab dan Moorish.

Pada sekeliling masjid juga dibangun juga dengan rangkian kolam yang dapat memantulkan bentuk acrcade masjid. Sehingga, dapat memberikan pemandangan yang spektakuler di bawah siraman cahaya lampu saat di malam hari. Dinding bagian dalam masjid didesain degan seindah mungkin, yakni dengan menggunakan material pualam yang dupadu dengan ukiran floral. Masjid ini di dominasi oleh cat warna putih. Sedangkan, pilar masjid dilapisi dengan pualam putih yang berhiaskan floral dan lapisan emas.

Masjid Sheikh Zayed memecahkan beberapa rekor dunia seperti karpet terluas di dunia dengan seluas 5,630 meter persegi dengan berat hampir 47 ton ini dibuat oleh para pengrajin karpet yang berasal dari Iran, dikerjakan selama lebih dari dua tahun. Dengan melibatkan para  pekerja sebanyak 1,200 pekerja yang semuanya itu adalah perempuan. Mereka menenun bagia-bagian karpet di desanya masing-masing. Halusnya jahitan karpet yang mereka buat, sehingga sambungan antar bagian karpet pun tidak terlihat sama sekali.

Tempat lampu tersebesar di dunia. lampu yang tergantung di tengah-tengah kubah utama, tempat lampu buatan dari Jerman yang berhiaskan dengan jutaan Kristal Swarovski ini berukuran tinggi 15 meter, berdiameter 10 meter dan seberat 12 ton. Begitu tinggi dan besarnya sehingga harus dibuatkan tangga yang khusus untuk dapat melakukan perawatan.

Kubah terbesar yang ada di dunia. karena terdapat 82 kubah begaya Maroko, dengan tujuh ukuran yang berbeda dengan masjid ini. Kubah utamanya itu merupakan kubah masjid terbesar di duniaa, dengan diameter sepanjang 32,8 meter dan tingginya 70 meter dari dalam masjid atau 85 meter dari luar masjid.

Masjid ini selain dapat dijadikan untuk tempat beribadah oleh umat Muslim, Masjid Agung Sheikh Zayed juga merupakan temat yang paling diminati oleh para wisatawan, terutama bagi mereka yang telah usai menunaikan ibadah umrah di tanah suci. Masjid ini terbuka untuk umum, pada setiap hari Sabtu sampai Kamis, pukul 09.00 – 22.00 dan hari Jum’at pukul 16.30 – 22.00. kemudian pada setiap bulan Ramadhan masjid ini tutup pada hari jum’at. Dan jangan sampai lupa juga untuk memathui peraturan saat berkunjung, termasuk dengan mengenakkan pakaian yang layak dan sopan.

Komentar