Kompleks Kuil Karnak Bangunan Mesir Kuno

Kompleks Kuil KarnakFenomena alam yang nyata merupakan sebuah keajaiban dunia yang sejauh ini masih dapat dilihat dilihat dan keberadaannya itu masih dapat disaksikan secara kasat mata oleh manusia yang masih hidup. Dan tentunya, keberadaan dari keajaiban alam ini berada diberbagai belahan dunia atau negara baik yang berada di tempat yang dapat didiami oleh manusia maupun ditempat yang memang tidak dapat dialami secara langsung oleh manusia. Di zaman Mesir kuno, kekuatan dewa Amun dari Thebes secara bertahap terus meningkat selama awal Kerajaan Baru dan setelah penganiayaan pendek yang dipimpin oleh Akheneten, naik kepada puncaknya. Pada masa pemerintahan Ramses III, sudah lebih dari dua pertiga dari harta yang dimiliki oleh candi-candi milik Amun, kemudian dibuktikanlah dengan bangunan yang sangat luar biasa di Karnak. Meskipun terlihat hancur, tidak ada situs di Mesir yang lebih mengesankan dari pada Karnak.

Kompleks Kuil Karnak Bangunan Mesir Kuno

Kompleks Kuil Karnak merupakan kompleks candi terbesar yang pernah dibangun oleh manusia dan prestasi gabungan dari banyak generasi pembangunan kuno. Kompleks candi Karnak ini juga terbuka luas dan situs religius kuno terbesar di dunia selain Piramida. Tempat ini hingga kini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri itu sendiri. Arsitektur kuil-kuil di Mesir begitu complex dan indah. Ini menyatakan bahwa keseriusan para arsitek Mesir Kuno mengenai bangunan-bangunan religius. Kuil Mesir ini untuk menyembah dewa dan mengenang Fir’aun. Banyak ritual-ritual yang diadakan di kuil tersebut.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Kompleks Kuil Karnak ini dibandingkan dengan kuil-kuil lainnya adalah Karnak ini pada saat pembangunan membutuhkan waktu yang cukup lama, dibangun dalam jangka yang begitu panjang dan sekitar 30 Fir’aun memberikan partisipasinya dalam pembangunan kuil ini sehingga tidak akan mengherankan jika melihat kuil ini begitu besar, indah, kompleks, dan beraneka ragam bangunan yang ada di dalamnya.

Adapun salah satu bagian yang terdapat pada kuil Karnak ini dan cukup terkenal yakni Hyposyle Hall yang dianggap sebagai salah satu arsitektur yang terbaik yang pernah ada. Dimana Hall itu berisi 134 pilar raksasa, beberapa pilar yang ada itu dengan ketinggian 70 kaki dan yang lainnya sekitar 45 kaki. Dengan luas wilayah yang dimiliki Hypostyle Hall ini adalah 6000 meter persegi.

Untuk dapat memasuki kuil Karnak ini maka terlebih dulu kita melewati jejeran Sphinx (dahulunya itu sekitar tahun 1350 sphinx) bisa disebut sebagai Avenue of the Sphinxes sepanjang 2,5 kilometer. Sekarang ini hanya ada tersisa puluhan sphinx dan sisanya masih di dalam usaha pencarian.

Komentar