Ini Lokasi Berbelanja Saat Berada di Tanah Suci

Berbelanja di tanah suci, Seusai dalam menunaikan ibadah haji atau umrah di tanah suci, jamaah tentu tidak lupa untuk mambagikan oleh-oleh yang akan dibagikan oleh sanak saudara saat kembali ke tanah air. Di Indonesia sendiri memang sudah banyak terdapat tempat-tempat penjualan berbagai macam makanan maupun sesuatu yang sudah menjadi ciri khas tanah suci. Namun, sebagian dari jamaah pun beranggapan, jika membelinya langsung di sana harganya akan jauh lebih murah. Karena keterbatasan waktu yang tersedia, mengingat para jamaah harus dapat membagi waktu antara ibadah dan belanja. Berikut dibawah ini adalah tips tempat berbelanja yang ada di Makkah yang cocok untuk dikunjungi:

Ini Lokasi Berbelanja Saat Berada di Tanah Suci

1.Pasar Bab Mekah
Meski namanya pasar bab Mekah, namun lokasi pasar ini terletak di Suhaifa, yang merupakan salah satu sudut Kota Jeddah, yang hanya dengan membutuhkan waktu selama 10 menit dari pusat kota. Pasar tradisional ini buka setiap hari pagi dan tutup menjelang shalat zhuhur. Di tempat inilah kolasi berbelanja di tanah suci.

2.Pasar Kurma Madinah
Jika para jemaah ingin mencari kurma, saat berbelanja ditanah suci. Di pasar ini tempat yang sangat tepat untuk dikunjungi. Di pasar Kurma Madinah banyak dijual berbagai jenis kurma dan olahan makanan yang berasal dari kurma yang harganya bervariasi, mulai dari 30 riyal hingga 90 riyal. Pasar kurma yang terletak di Madinah ini sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi. Pasar kurma ini dibuka pada pukul 07.00-11.00 malam waktu setempat pada musim haji.

3.Pasar Zakfariah
Pasar Zakfariah atau pasar borong ini terletak sekitar 1 kilometer dari Masjidil Haram. Pasar tradisonal ini menyediakan berbagai keperluan ibadah yang ada di tanah suci. Selain itu juga, terdapat perhiasan emas, jam tangan dan berbagai barang elektronik berupa telepon genggam. Ada uga hal yang unik yang kita dapatkan di pasar ini, para pedagangnya akan menutup tempat jualan mereka, lalu menggelar sajadah ketika waktu shalat fardhu tiba.

4.Pusat Perbelanjaan Bin Dawood
Pusat perbelanjaan ini dapat ditemukan saat berada di daerah Aziziyah, Misfalah, Sulaymaniyah dan Ajyad. Banyak tersedia berbagai barang dan segala kebutuhan di tempat tersebut dengan harganya cukup bersaing. Seperti halnya di Supermarket yang terdapat di Indonesia, tempat ini menawarkan potongan harga pada saat pembelinya itu membeli barang dalam jumlah yang cukup besar.

Komentar