Benteng Al-Masmak Riyadh, Saudi Arabia

Benteng Al-Masmak Riyadh, Untuk terus menjaga pikiran agar tetap segar dan selalu semangat, dapat mencoba melancong ke negeri lain untuk mengetahui lebih dekat sejarah Kota Riyadh. Kali ini mungkin kita dapat berkunjung ke benteng Al-Masmak. Kata ‘Masmak’ yang berarti kuat, tebal dan benteng, yang merupakan gambaran sempurna dari benteng ini. Masmak memiliki empat menara penjagaan dan dinding yang tebal.

Benteng Al-Masmak Riyadh, Saudi Arabia

Bangunan benteng Al Masmak Riyadh didirikan pada tahun 1865 ini menjadi bukti sejarahnya Riyadh yang dulunya sempat diduduki oleh penguasa asal Ha’il di utara, Abdullah bin Rasheed (1289-1315 H) dari tangan Al-Saud. Namun, pada tanggal 14 Januari 1902 Benteng Masmak kembali direbut oleh pemimpin yang sebelumnya.

Pintu gerbang benteng Al-Masmak Riyadh ini terbuat dari batang-batang kelapa dan pohon-pohon tamariska. Terdapat gerbang kecil di tengah, yang hanya memungkinkan satu orang pada satu waktu saja untuk dapat memasuki tempat ini. Dengan tinggi gerbang bisa mencapai 3,65 meter dengan lebar 2,65 meter dan sebuah kunci al-Khokha yang terletak di tengah pintu.

Sedangkan, untuk di dalam benteng Al-Masmak itu sendiri terbuat dari lumpur, campuran dari tanah liat, jerami dan juga rumput, ialah sebagai isolasi alam dari cuaca panas selama musim panas dan dingin selama musim dingin dan begitupun seterusnya. Langit-langit yang tinggi sangat memungkinkan aliran udara panas akan naik ke langit-langit di mana jendela kecil menarik udara keluar.

Jika pada saat menghadap kearah puri, maka disana yang terlihat hanyalah sebuah masjid dan sumur ikut terbungkus di dalamnya. Atap puri yang di tutup dan di cat dengan menggunakan pohon kelapa, kayu taramic dan Ethel.

Adapun beberapa bangunan baru yang dapat disaksikan saat berada di lokasi benteng ini, yakni sebuah museum aneka senapan antic, kostum dan artefak pertanian yang dibangun pada tahun 1995 serta King Abd al-Aziz Historical Centre yang dibuat sejak tahun 1999.

Untuk dapat berkunjung ke Benteng Al-Masmak tidak perlu menguras kantong, karena biaya gratis untuk umum. Benteng Al-Masmak dibuka untuk umum dari hari Sabtu hingga Kamis, itupun hanya dibuka untuk rombongan dan keluarga saja. Adapun waktu kunjungan yang di mulai dari pukul 8 pagi – 12 siang dan akan di buka kembali lagi mulai dari jam 16.00 sampai 21.00.

Komentar