Menikmati Keindahan Kingdom Centre di Riyadh

Kingdom Centre, Kingdom Centre merupakan salah satu pencakar langit yang terletak di Riyadh, Arab Saudi. gedung yang memiliki ketinggian 302.3 meter (992 kaki) dan ini juga sebagai pencakar langit yang tertinggi ketiga di Arab Saudi setelah Abraj al-Bait dan Burj Rafal. Kingdom Centre yaitu pencakar langit yang mempunyai lubang tertinggi ketiga di dunia setelah Shanghai World Financial Center dan Tuntex Sky Tower. Di samping gedung ini juga terdapat pusat perbelanjaan, dimana didalamnya pun terdapat Hotel Four Seasons Riyadh dan Apartemen-apartemen. Disana juga terdapat jembatan sepanjang 56 meter (184 kaki) yang terletak di puncak pencakar langit ini. Untuk dapat mencapai lantai 99 tempat jembatan (sky bridge) memiliki elevator super cepat (180 kilometer per jam). Masuk kesini dikenakan biaya tiket sebesar 35 Riyal Arab Saudi. menara ini didesain khusus oleh ahli desain yang bernama Richard Tenguerian, yang juga termasuk arsitek dari Yankee Stadium New York.

Menikmati Keindahan Kingdom Centre di Riyadh

Sebagai ibukota Kerajaan Arab Saudi (KSA), tentu saja Riyadh selalu menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi usai beribadah haji atau umrah, salah satunya Kingdom Centre ini. Kota Riyadh yang letaknya masih di kawasan Nejd ini, mempunyai populasi yang hampir mencapai 5,5 juta jiwa, dengan memiliki luas wilayah sekitar 1.554 kilometer persegi. Riyadh dibagi menjadi 15 kabupaten/kota yang dipimpin oleh Walikota Riyadh dan Otoritas Pengembangan Riyadh yang dipimpin oleh Gubernur Provinsi Riyadh.

Pada masa Pra-Islam, pemukiman yang berada di lokasi ini di sebut dengan Hajr yang didirikan oleh suku Bani Hanifah. Hajr menjadi sebuah ibukota provinsi Al-Yamamah, yang dipimpin oleh seorang gubernur yang penuh dengan tanggung jawab atas sebagian besar Arabia tengah dan timur selama era Dinasti Umayyah dan Abbasiyah. Tembok yang mengelilingi Kota Riyadh tidak melebihi dari satu kilometer persegi, yang masih menyimpan banyak sisa arsitektur asli Riyadh di masa lalu. Sebenarnya yang paling menonjol itu adaah Benteng Al-Masmak dan beberapa bagian struktur dinding asli dan gerbang yang telah direstorasi dan di rekontruksi. Ada juga sejumlah rumah lumpur- bata tradisional dalam kawasan kota tua ini, termasuk Kingdom Centre.

Riyadh yang semula merupakan oasis terpencil adalah daerah asal dari leluhur keluarga Al-Saud, sebagai pendiri dan penguasa Arab Saudi, telah berubah menjadi salah satu kota metropolitan. Sejak ibukota Kerajaan dipindahkan dari Jeddah ke Riyadh pada tahun 1980-an, kawasan ini sudah mulai berkembang dengan tata kota yang sudah tertata rapi dan terencana.

Hingga saat ini kota Riyadh telah menjelma menjadi kota modern dengan landmarknya yakni Burj Al-Yamamah dan Burj Al-Faisaliyah. Burj Al Yamamah yaitu gedung pencakar langit setinggi 300 meter dan 99 lantai dan termasuk dalam jajaran 45 gedung tertinggi yang ada di seluruh dunia. gedung ini dimiliki oleh sekelompok perusahaan termasuk Kingdom Holding Company yang dipimpin oleh Al-Waleed bin Talal, salah seorang pangeran dari keluarga kerajaan dan terkaya di dunia Arab.

Sementara itu, Burj Al-Faisaliyah merupakan gedung pencakar langit pertama yang telah dibangun di Arab Saudi dan gedung ini merupakan bangunan tertinggi kedua di Riyadh setelah Al Yamamah. Terdapat bola emas yang diletakkan di puncak menara konon terinspirasi ole bolpoin. Di dalamnya juga terdapat restoran dengan pemandangan luar yang dapat dilihat. Sedangkan di lantai dasarnya itu sebagai pusat perbelanjaan yang menjual beraneka ragam barang berstandar Internasional.

Komentar