Khan el-Khalili Pusat Belanja Oleh-oleh Mesir

Khan el-Khalili - Saat Anda berkunjung ke Kairo, Mesir. Tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Khan el-Khalili, yang merupakan pusat belanja oleh-oleh khas Negeri Mesir, disana banyak sekali berbagai macam jenis pernak-pernik cendera mata yang terdapat di pasar ini, mulai dari kotak untuk menyimpan perhiasan, gantungan kunci, kaos yang bertuliskan huruf arab, bingkai foto, piring-piring panjangan, parkiran yang berukuran mini, lukisan kaligrafi, piramida mini dan masih banyak lainnya. Semua itu ada di pusat kota Kairo, yang dapat memberikan kemudahan kita untuk berkunjung ke Khan el-Khalili, dengan menggunakan transportasi umum yang biasa melewati lokasi ini seperti bus kecil atau angkot disamping taksi. Suasana di kota tersebut sekilas serupa dengan daerah Pasar Baru yang ada di Jakarta Pusat, dengan toko yang saling berhadap-hadapan.

Khan el-Khalili Pusat Belanja Oleh-oleh Mesir

Saat memasuki kawasan Khan el-Khalili akan terlihat banyak pengunjung yang berdatangan dari berbagai negara. Disana selain membeli oleh-oleh mereka juga sibuk berfoto-foto untuk dijadikan kenang-kenangan karena pasar ini juga merupakan objek wisata yang sangat menarik untuk berfoto, selain berbelanja oleh-oleh. Pada umumnya dari pengunjung yang ada turut menikmati suasana di dekat Masjid Al- Husain yang terletak di depan pasar Khan el-Khalili atau hanya sekedar duduk-duduk saja di taman.

Pada saat melakukan penelusuran di pasar Khan el-Khalili banyak sekali toko-toko yang berjajar dari kiri dan kanan, para pedagang juga menyapa pengunjung dengan “Ya la, ya la…,” dari sebagian pedagang bahkan mengucapkan kata-kata bahasa asing seperti bonjour atau welcome dan bahkan ada pedagang yang dapat mengucapkan kata “Terima Kasih”. Umumnya toko yang ada di pusat belanja oleh-oleh itu menjual barang-barang yang sama, tetapi percayalah ketika sudah melihat barang dagangannya tidak akan pernah merasa bosan. Selain menjual berbagai macam pernak-pernik cendera mata, di pasar ini juga banyak menjual aneka pakaian untuk belly dance (penari perut) beserta dengan aksesorisnya, warna dan modelnya pun beraneka ragam, selain itu juga ada Toko Sisha dan perlengkapannya.

Khan el-Khalili memiliki bentuk yang berkelok-kelok, terus telusuri sampai kedalamnya untuk mencari cendera mata yang menarik dan harga yang cukup terjangkau dan ekonomis, para pedagang disana pada umumnya sangat ramah walaupun tidak jadi membeli, tawarlah harga serendah mungkin, misalnya harga kotak perhiasan seharga 50 gene, kita dapat menawarnya dengan harga 20 gene saja, apalagi dengan pembelian jumlah besar, mereka tidak akan segan-segan memberi potongan harga. Setiap wisatawan yang telah berkunjung dan melihat cendera mata di pasar Khan el-Khalili pastinya memiliki cendera favoritnya tersendiri.

Disamping Pasar Khan el-Khalili juga banyak terdapat café-café dengan menggunakan dekorasi bergaya tradisional, dengan menawarkan berbagai menu makanana khas Mesir, ada juga sebagaian café yang memberikan sajian makanan cepat saji seperti pizza, kentang goreng, burger dan jus buah. Tapi, alangkah baiknya membawa makanan dan minuman sendiri dan kita bisa menikmatinya di taman yang ada di depan Masjid Al Husain, disana juga banyak tersedia bangku, sebab meski tersedia di café tetapi harganya sangat mahal, apalagi melihat pengunjung yang bukan penduduk lokal dan sangat jarang ditemukan pedagang asongan yang menjual makanan dan minuman, kebanyak pedagang asongan yang hanya menjual cendera mata.

Bagi umat muslim tidak perlu khawatir, disana dapat menunaikan ibadah shalat. Sebab, di depan pasar ini terdapat Masjid yang sangat bersejarah, yakni Masjid Al Husein, dimana nama Al Husein ini diambil dari salah satu cucu Nabi Muhammad SAW, bangunan pada masjid ini juga sangat indah, didepan masjid terdapat tiga payung besar yang terbuka pada siang hari dan akan tertutup ketika menjelang maghrib.

Intinya, tidak akan lengkap deh jika berkunjung ke Mesir tapi tidak mampir ke Khan el-Khalili, pusat belanja oleh-oleh. Tempat dimana dapat merasakan atmosfer Mesir yang orisinal. Selain menyediakan pusat oleh-oleh khas Mesir, hanya dengan menyebrang jalan terdapat taman dan Masjid Al-Azhar dengan bentuk bangunan yang klasik dan penuh dengan sejarah.

Komentar