Tarian Sufi dan Museum di Konya Turki

Konya Turki, Salah satu tempat destinasi yang patut untuk Anda kunjungi saat sedang berlibur ke Turki adalah Konya. Konya merupakan kota ibukota dari Provinsi Konya yang terletak di Turki bagian selatan, tidak jauh dari wilayah Kurdistan dan dekat sekali dari perbatasan Turki-Suriah-Irak.  Sepanjang sejarah yang ada, kota ini dahulunya itu dikenal dengan nama Ikonium. Konya memiliki jumlah penduduk sebanyak 742.690 jiwa, ini menunjukkan bahwa daerah ini sudah siap untuk dihuni sejak zaman Perunggu Muda, tepatnya itu sekitar 3000 sebelum masehi. Kota ini pada saat itu juga berada di bawah pengaruh Hitit sekitar pada tahun 1500 sebelum masehi. Kemudian diambil alih oleh orang-orang Laut sekitar pada tahun 1200 sebelum masehi. 

Tarian Sufi dan Museum di Konya Turki

Secara faktanya ternyata Konya Turki itu merupakan kota yang identik dengan toko sufi besar, tidak heran jika kota ini adalah tempat yang paling konservatif dan religius di Turki. Di kota itu terdapat tempat yang dijadikan rumah bagi Jalaludin Rumi, yakni salah seorang sufi mistis yang menemukan Whirling Dervish (Tarian Darwis) kota ini menjadi terkenal. Disana juga terkenal dengan tariannya itu, Konya juga memiliki museum yang layak untuk dapat dikunjungi.

Sebab keberadaan Jalaludin Rumi inilah, yang sehingga pada akhirnya Konya Turki ini menjadi sangat terkenal dengan rupanya memiliki sekitar sejuta muslim untuk setiap tahunnya. Dan di tempat itulah tokoh terkemuka dalam tasawuf dan kesusastraan itu menikmati dan menghabiskan masa tuanya hingga dirinya wafat. Salah satu destinasi yang ramai dikunjungi oleh para peziarah adalah Mausoleum Rumi yang saat ini telah menjadi museum.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan tarian sufi ini, biasanya akan dikenakan biaya tiket masuk untuk bisa menonton. Keunikan yang dimiliki tarian ini adalah penarinya yang terus berputar-putar selama 15 menit dalam keadaan yang khusyuk dan stabil. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan tarian ini, maka pasti akan merasa pusing. Penari tersebut juga memiliki pakaian yang cukup unik dimana memang dirancang untuk dapat mengembang keatas saat penari itu berputar-putar.

Disana Anda dapat melihat keunikan dan keindahan tarian samaa atau Whirling Dervishes yang dipertunjukkan. Kemudian jangan lupa juga untuk meniliki lebih jauh akan pesona yang diberikan oleh muslim ini sebab Anda akan diberikan sajian keanggunan mausoleum yang dihiasi dengan sebuah krucut hijau besar yang ada di atap gedung tua tersebut.

Tahukah Anda bahwa sebuah krucut besar itulah yang menjadi ciri khas bangunan Rumi sebab dibawah krucut itulah tepat terletak makam sufi dan sastrawan besar Persia yang bernama Jalaludin Rumi. Makam tersebut bermarmer biru yang tertutup dengan kain yang berhiaskan ayat-ayat suci Al-qur’an dalam bordiran benang emas. Kain tersebut merupakan hadiah dari Sultan Abdulhamid II pada tahun 1894.

Bangunan pada makam Rumi juga dilengkapi dengan masjid kecil yang dibangun oleh Sultan Sulaiman. Sejumlah karya kaligrafi yang memiliki nilai tinggi juga tersimpan rapih di masjid kecil tersebut. Ada juga dapat berziarah ke makam Sultan Walad yang letaknya itu bersampingan dengan makam Rumi, Sultan Walad adalah anak sulungnya Rumi yang mengembangkan orde sufi Whirling Dervishes yang sangat terkenal.

Liburan ke Turki sangat menarik bukan? Jadi, untuk kalian yang ingin berlibur ke Turki jangan sampai melewatkan kesempatan untuk bisa berziarah ke makam Jalaludin Rumi dan tentunya akan menambah wawasan serta pengetahuan akan peninggalan Islam yang terdapat di kota indah ini. Anda dapat mengajak keluarga, saudara, teman, atau rekan lainnya untuk menikmati liburan panjang di Konya Turki. Dan bahkan ada juga jamaah haji dan umrah yang kesana.

Komentar