Kota Salalah Oman Menghijau Saat Hujan

Kota Salalah Oman – Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar nama Oman, Oman bukan merupakan nama Ibukota negara Oman akan tetapi sebuah negara yang letaknya itu berada di Timur Tengah. Sedangkan, Ibukota negara Oman itu sendiri adalah Muscat. Oman memiiki kebudayaan dan arsitektur yang sangat terkenal sekali. selain itu, ternyata Oman sebuah negara yang memiliki aneka ragam objek wisata yang sangat bagus dan menarik. Disana ada banyak sekali objek wisata yang dapat dikunjungi bersama keluarga, teman dan mungkin jamaah haji atau umrah usai melaksanakan ibadah di Tanah suci.

Kota Salalah Oman Menghijau Saat Hujan

Daerah di Oman memang lebih banyak  terdapat gurun-gurun, meski begitu tempat wisatanya tetap menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satunya gurun yang ada di kota Salalah Oman. Salalah yang merupakan sebuah kota yang ada di Oman, Timur Tengah. Salalah yang berpenduduk sekitar 178.469 jiwa pada tahun 2003 lalu. kemungkinan masuk tahun ini jumlah penduduknya bisa betambah dari jumlah yang tadi. Salalah menjadi kota terbesar kedua di Oman setelah Masqath

Kota Salalah Oman terkenal dengan festivalnya yang diselenggarakan selama musim hujan atau dikenal dengan sebutan Khareef. Pada saat festival berlangsung, orang-orang akan menari di tengah turunnya hujan dengan iklim gurun. Saat musim hujan, gurun yang ada di kota Salalah ini berubah menjadi hijau dan indah bagaikan surge. Peristiwa unik ini biasa di kenal dengan Salalah Monsoon yang hanya tejadi selama bulan Juli hingga September.

Dalam sehari-harinya, Salalah di Oman terkenal dengan panas layaknya di negara Arab Saudi. dengan temperatur udara kota pada umumnya dapat mencapai angka 50 derajat celcius. Bayangkan saja panasnya disana. Namun, setiap musim hujannya muncul fenomena Salalah Monsoon yang datang pada bulan Juli hingga September, temperature udara dapat merendah hinggga belasan derajat Celsius. Gurun yang sebelumnya gersang dan berwarna cokelat saat itu berubah menjadi hijau dan indah layaknya hutan.

Dan bahkan, hal yang paling ajaib itu gurun yang tadinya kering dan tiba-tiba dialiri sungai hingga menuju air terjun. Sekilas dilihat, hijaunya Salalah itu tampak seperti padang hijau yang ada di daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), sungguh sangat ajaib sekali.

Lereng yang berubah menjadi hutan yang hijau adalah keajaiban global, selama Sembilan bulan pada setiaap tahunnya.  Sebelumnya, gurun yang begitu tandus dan kering. Namun, ketika turun hujan mereka berubah menjadi hutan tropis yang memiliki banyak tumbuhan yang lembab. Selain itu, terkadang kabut tebal muncul hingga membatasi jarak pandang. Ada pemandangan unta yang tengah bermain-main di sungai dan padang hijau pun memberikan sebuah keajaiban yang terjadi selama tiga bulan di Salalah, Oman, Timur Tengah.

Komentar