Valley Of The Kings Makamnya Para Raja Mesir

Valley Of The Kings – Siapa sih yang tidak kenal dengan Mesir. Negara yang penuh dengan sejarah peradaban pada zaman dahulu yang hingga kini masih ada sisa-sisa peninggalan kerajaan Mesir. Peninggalan Mesir yang sebagian ada di museum kan dan merupakan situs yang bersejarah di Mesir. Sekarang ini masih destinasi favorit wisatawan mancanegara. Dan salah satu negara yang seringkali berkunjung ke Mesir adalah Indonesia. Selain itu, Mesir juga dikenal sebagai negara yang kaya akan sejarah keagamaan, khususnya bagi Umat Muslim. Oleh sebab itu, memilih paket tour muslim ke Mesir sangatlah tepat. Mesir merupakan negara dengan sejuta cerita dan keindahan, keindahan kota-kota yang ada disana sangatlah menarik. Biasanya dalam paket haji dan umrah sekaligus tersedia paket tour muslim ke Mesir atau negara wisata lainnya. Di sana Anda dapat juga dapat berziarah ke makam-makam para Nabi dan Imam Hadits. Dengan tambahan lainnya seperti Valley Of The Kings.

Valley Of The Kings Makamnya Para Raja Mesir

Mesir sebagai negara yang terkenal dengan penduduknya yang mayoritas beragama Islam, tentu saja membuat para traveler muslim sedikit tenang dengan menu makanan yang tersedia disana, apalagi saat berkunjung ke Valley Of The Kings. Sebab, restoran yang tersedia di sana mayoritas menyediakan menu-menu yang halal baik dari bahan pembuatannya maupun cara membuatnya. Maka tidak heran banyak tempat wisata di Mesir memberikan nilai sejarah Islami.

Valley Of The Kings adalah salah satu makam tua dimana tempat peristirahatan terakhir bagi para raja dan bangsawan istimewa kerajaan. Sebuah area pemakaman raja-raja kuno Mesir yang terletak di tepi barat Sungai Nil, tepatnya di wilayah Thebes. Lembahnya para raja memliki berbagai macam bentuk kuburan raja di sana, dari mulai yang berbentuk lubang biasa, hingga berbentuk labirin bawah tanah yang cukup rumit.

Mulai abad ke-18 tempat ini telah menjadi pusat penelitian arkeologi dan egyptologi. Selain berisi mumi yang disimpan apik dalam peti mati. Selain itu ada pula harta karun seperti berlian, patung-patung emas dan berbagai peralatan kuno yang memiliki nilai estetis tinggi. Para peneliti menyebut tempat ini juga dengan sebutan Valley Of The Kings. Pada tahun 1979, UNESCO telah mendaulatnya sebagai Situs Warisan Dunia.

Hingga saat ini Valley Of The Kings masih terkenal dan menjadi salah satu situs cagar budaya yang penting sekali bagi bangsa Mesir. Selain Hieroglyphics, Piramida Giza dan Sphinx, lembah para raja ini telah menjadi destinasi wajib untuk para wisatawan yang menyukai perjalanan wisata budaya dan sejarah. Di sana terdapat 63 ruang dan makam. Arsitekturnya pun dilengkapi dengan berbagai ukiran ciri khas arsitektur Mesir pada zaman dahulu. Dindingnya yang berhiaskan ukiran dari mitologi Mesir kuno.

Wisata Mesir yang satu ini memang sudah banyak yang mengetahui keberadaannya. Silahkan bagi Anda yang ingin berkunjung atau berlibur ke Mesir tidak ada salahnya untuk mampir ke wisata Mesir Valley Of The Kings sebagai salah satu sejarah Mesir kuno. Meskipun, lembah tersebut juga dikenal dengan keangkerannya. Ada juga yang berani untuk melakukan uji nyali.  Sudah banyak saksi mata yang melaporkan bahwa kuburan ini seringkali muncul penampakan hantu raja Mesir. Konon katanya, para hantu tersebut tentu saja memakai atrubut pakaian sebagaimana raja. Lengkap dengan mahkota bertabur emas 24 karat yang melekat di kepalanya. Beberapa raja terlihat sangat gagah sambil mengendarai kuda dan membawa pedang serta tongkat panjangnya.

Para arkeolog yang melakukan observasi di lembah para raja tersebut juga seringkali memiliki perasaan yang aneh. Mereka bilang sangat terasa sekali kekuatan supranatural yang ikut mengawasi tiap garak-geriknya. Pada kasus yang ekstrim ini, hantu para raja akan membuat para pengunjung makam tersesat. Mengingat area tempat ini sangat luas, sehingga seringkali  membuat bingung pengunjung. 

Di bantaran sungai Nil yang terdapat komplek makam para raja bersemayam, berisi mumi, harta karun serta kutukan bagi siapa saja yang mengganggu. Apakah Anda berani melakukannya? Ramses the Great, Tuthankamen dan Tuthmosis. Pasti nama-nama tersebut pernah Anda dengar. Mereka merupakan raja-raja Mesir kuno atau seringdisebut dengan Pharaoh. Raja yang biasa disebut dengan raja terakhir itu bahkan terkenal dengan Curse of the Pharaohs, sebuah kutukan yang pernah terlontar dari mulutnya sebelum ajal menjemputnyaaa. Siapa saja yang berani mengganggu keberadaan mumi para Pharaoh maka akan terkena nasib buruk, penyakit dan hingga kematian.

Kebanyakan makam yang ada di sana dibuka untuk publik. Namun, saat Anda bersama rombongan atau mungkin dengan keluarga Anda sendiri berkunjung ke tempat tersebut tidak akan mendapat pemandu wisata selama di lembah para raja. Anda hanya akan diberi secarcik kertas penjelasan bagi tiap tempat di Valley Of The Kings. Tujuannya itu hanya untuk meminimalisir waktu Anda di dalam sana, serta untuk mencegah para pengunjung merusak situ aslinya. Anda juga tidak boleh mengambil gambar apa pun yang ada di dalam komplek makam.

Tidak jauh dari sana, ada juga Valley Of The Queens yakni komplek makam para permaisuri. Konon, terdapat lebih dari 70 makam yang ditemukan lengkap dengan dekorasi yang sangat mewah. Beberapa permaisuri tekenal dimakamkan di tempat ini, salah satunya itu adalah Ratu Nefertari.

Valley Of The Kings adalah destinasi wajib bagi Anda yang ingin berlibur di Mesir. Akan tetapi tunggu dulu, bagaimana dengan kutukan Raja Tutankhamen? Anda boleh percaya maupun tidak percaya. Tapi selama mereka tidak mengganggu makam para mumi, tampaknya semua baik-baik saja dan berjalan dengan lancar.

Komentar